Read This Post

Zero Accident di tahun 2010

Zero Accident di tahun 2010, demikian sasaran jangka pendek yang telah dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal Madya TNI Imam Sufaat sebagaimana yang disampaikan oleh Komandan Depo Pemeliharaan 50, Kolonel Lek Ir. Junianto, dalam Apel Khusus menyambut tahun baru 2010 yang dilaksanakan pada hari Rabu (6/10) di lapangan Apel Depohar 50.

Selain itu, Kasau juga menetapkan sasaran jangka panjang untuk menjadikan TNI AU menjadi The First Class Air Force. "Penetapan sasaran tersebut menanggung resiko dan konsekuensi tidak ringan. Karena bagaimanapun kita harus berani mempertaruhkan seluruh dedikasi, loyalitas, komitmen dan kerja keras untuk dapat mencapainya. Dengan tekad kuat dan soliditas yang tinggi, saya yakin dan percaya Insya Allah, Tuhan akan meridhoi niat yang muncul dari nurani yang murni", demikian disampaikan Kasau.


Dalam rangka pencapaian sasaran tersebut, Kasau telah menetapkan tiga langkah strategi, yaitu :
Pertama, road map to zero accident harus dipegang teguh dan dilaksanakan secara konsisten.
Kedua, perkuat kepemimpinan dan manajemen, terutama di satuan-satuan udara yang berhubungan dengan tugas operasional.
Ketiga, keselamatan terbang dan kerja merupakan harga mati yang harus senantiasa dipelihara dalam setiap pelaksanaan tugas. Untuk itu, TNI Angkatan Udara harus mampu mewujudkan budaya safety sebagai nafas pengabdiannya.

Kasau juga menyampaikan, bahwasanya yang menjadi permasalahan utama TNI AU saat ini masih pada masalah keterbatsan anggaran yang dapat berpengaruh langsung pada aspek baik itu perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan pada setiap kegiatan. Untuk itu dalam menghadapi hal tersebut kita harus optimis, mengingat tujuan akan dapat segera tercapai apabila kualitas SDM lebih dominan dalam menentukan tingkat keberhasilan tugas kedepan.


Apel Khusus ini dihadiri oleh pejabat Depohar 50, para Komandan Sathar, dan seluruh anggota Depo Pemeliharaan 50.

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts