Read This Post

Pembukaan Dikkualsus Radar Plessey Angkatan XI dan Radar Thomson Angkatan IX TA 2010

 Penyematan tanda siswa oleh Kadisbin Depohar 50 selaku Inspektur Upacara.

Pada hari Selasa 4 Mei 2010 Pukul 13.00 WIB, Kepala Dinas Pembinaan Depohar 50 Letkol lek Agus Prijanto, S.T. yang mewakili komandan Depohar 50 secara resmi membuka Dikkualsus Radar Plessey angkatan XI dan Thomson angkatan IX. Upacara pembukaan dilaksanakan di gedung Grha Indra Pakca Depohar 50 yang diikuti oleh para Instruktur dan pejabat list C Depohar 50.
Dalam sambutan Komandan Depohar 50 yang dibacakan oleh Kadisbin mengatakan bahwa Pelaksanaan kegiatan Dikkualsus merupakan salah satu aspek pembinaan personel dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya dibidang pemeliharaan radar thomson dan radar plessey agar memiliki suatu kemampuan yang profesional dalam melaksanakan tugasnya.   Dikkualsus ini merupakan bentuk nyata dan upaya mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih, sehingga pembinaan dan pengembangan profesi semacam ini akan dilaksanakan secara terus menerus baik melalui pendidikan formal maupun informal.

Disamping hal itu juga ditekankan oleh Dandepohar 50 sebagaimana  diketahui bersama bahwa alutsista TNI Angkatan Udara yang berbobot teknologi dan padat materiil ini tidak dapat berfungsi dengan baik, apabila tidak dipelihara dan diawaki oleh personel yang profesional dibidangnya. Dalam pelaksanaan pemeliharaan Alutsista TNI Angkatan Udara diantaranya adalah Radar Thomson dan Radar Plessey, sehingga para teknisi yang terkait mempunyai tugas dan tanggung jawab yang cukup besar untuk mewujudkan kualitas hasil pemeliharaan dalam memenuhi standart teknisi yang telah ditentukan
Suasana Upacara Pembukaan Dikkualsus Radar Plessey dan Thomson di Gedung Grha Indra Paksa Depohar 50.

Dalam upaya pencapaian kualitas hasil perbaikan dan pemeliharaan tersebut, para teknisi secara langsung terlibat dalam proses pelaksanaan kegiatan pemeliharaan dan perbaikan khususnya dalam peralatan radar. Oleh karena itu upaya meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil perbaikan dan pemeliharaan harus terus dilaksanakan secara berlanjut sehingga menghasilkan kualitas yang diharapkan. Upaya tersebut dilaksanakan melalui pembinaan kemampuan dan profesi para teknisi, termasuk peningkatan kaderisasi secara terus  menerus dengan menyelenggarakan pendidikan kualifikasi khusus teknisi radar thomson dan radar Plessey.

Sebagaimana disampaikan Komandan Depohar 50 juga, bahwa peran teknisi radar dalam menentukan kualitas dan hasil pemeliharaan serta perbaikan peralatan radar adalah sangat penting. Karena dalam kegiatan Dikkualsus ini, para siswa dipilih dari para teknisi potensial yang telah memiliki pengalaman di lapangan. Diharapkan para siswa agar kepercayaan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.  Dalam pelaksanaan kegiatan dikkualsus teknisi radar thomson dan radar plessey, cukup banyak materi pelajaran yang akan diberikan, sedangkan waktu yang diberikan relatif singkat yaitu kurang lebih 8 (delapan) minggu. Diharapkan para siswa dapat menyerap ilmu dan pengetahuan sebanyak-banyaknya, sehingga para siswa memperoleh bekal yang cukup untuk menunjang pelaksanaan tugas-tugas dilapangan.

Dengan dilandasi semangat, kemampuan dan dedikasi yang tinggi disertai rasa tanggung jawab yang besar terhadap tugas, saya yakin dan percaya para siswa akan dapat mengikuti dikkualsus teknisi radar thomson dan radar plessey dengan baik sehingga dapat mencapai hasil yang diharapkan.

Dikkualsus ini diikuti oleh para Bintara TNI AU yang berasal dari satrad – satrad seluruh Indonesia dan anggota Depohar 50.

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts