Read This Post

Upacara Pembukaan Suspa Radar Angkatan XVIII T.A 2014 di Depohar 50

Penyematan tanda siswa oleh Komandan Depohar 50
dalam upacara pembukaan pendidikan Suspa Radar Angkatan XVIII


      Pada tanggal 2 Juli 2014, Komandan Depo Pemeliharaan 50 Kolonel Lek Kotot Sutopo Adji, M.Si. (Han) bertindak selaku Inspektur Upacara dalam rangka pembukaan Pendidikan Kursus Perwira Radar (Suspa Radar) Angkatan XVIII T.A 2014 di gedung Ghra Indra Paksa Depohar 50 yang diikuti oleh para Instruktur dan pejabat list C Depohar 50.

     Pendidikan Kursus Perwira Radar (Suspa Radar) merupakan program pendidikan dari Dinas Pendidikan Mabesau yang diselenggarakan di Depohar 50. Tujuan diadakannya pendidikan Suspa Radar ini untuk meningkatkan kualifikasi sumber daya manusia, khususnya di bidang pemeliharaan dan perbaikan peralatan Radar, agar para Perwira memiliki suatu kemampuan yang profesional dalam melaksanakan tugas pemeliharaan Radar dan mampu bekerja sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.

     Dalam sambutan, Komandan Depohar 50 mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan Suspa Radar merupakan upaya untuk mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang elektronika Alutsista Radar yang sangat pesat, dimana TNI AU dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan secara bertahap dan berkesinambungan, sehingga pembinaan dan pengembangan profesi dapat dilaksanakan sesuai yang diinginkan, baik melalui pendidikan formal maupun informal.

      Disamping hal itu juga ditekankan oleh Komandan Depohar 50 sebagai diketahui bersama bahwa pemeliharaan dan perbaikan peralatan Radar pada hakekatnya adalah untuk menjaga, memelihara dan mempertahankan kemampuan peralatan yang ada, sehingga tetap serviceable dan dapat berfungsi secara normal. Diharapkan apabila terjadi kerusakan pada system maupun komponen yang ada dapat segera ditangani sesuai dengan tingkat kewenangannya, sehingga radar dapat beroperasi kembali dan digunakan untuk tugas-tugas operasional.

      Adapun jumlah siswa Suspa Radar angkatan XVIII ini berjumlah 10 orang, yang diambil dari beberapa Satuan Radar di seluruh Indonesia dan Depohar 50. Dandepo pun menghimbau karena pelaksanaan Suspa Radar ini diselenggarakan selama 3 bulan dengan materi pelajaran yang cukup padat, maka diharapkan para siswa harus benar-benar dapat memahami materi pelajaran dan dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, guna memperoleh bekal awal yang cukup/keahlian dalam bidang radar untuk menunjang tugas di lapangan.

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts